Melihat Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Danau toba dinikmati dari ketinggian di Bukit Huta Ginjang.
https://pesona.travel
Penulis: | Editor: Sri Noviyanti

KOMPAS.com - Menikmati pemandangan Danau Tiba mungkin tak cukup kalau hanya disusuri secara langsung. Dari Huta Ginjang di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pemandangan Toba yang indah dapat ditangkap dari ketinggian.

Lokasinya memang terletak pada ketinggian 1.555 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Huta Ginjang sendiri berasal dari kata Huta berarti kampung dan Ginjang berarti atas. Oleh karenanya, Huta Ginjang merupakan kampung yang berada di atas.

Dari Huta Ginjang, pengunjung dapat melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon pinus. Bahkan di sana, wisatawan juga bisa menikmati permainan gantole atau layang gantung.

Bagi yang punya nyali bisa melakukan kegiatan itu untuk melihat keindahan Toba dan sekitarnya sambil melayang-layang di atas.

Jarak dari Bandara Silangit

Huta Ginjang yang terletak di Tapanuli Utara terletak di dataran tinggi. Pengunjung yang akan menuju tempat ini dari Medan bisa ditempuh sekitar 6 jam perjalanan darat dengan jalur mendaki dan turunan yang curam serta jalan yang bergelombang.

Akan tetapi tidak butuh waktu lama dari Bandara Silangit, paling hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.

Huta Ginjang di Tapanuli.

Di kawasan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati obyek wisata lain. Misalnya, Bukit Doa Taber.

Bukit Doa Taber yang dibangun pada 1996 mulai digunakan sejak 2014. Sejak itu, tempat ini menjadi salah satu obyek wisata rohani di Tapanuli.

Bukit Doa Taber (Tapanuli Bersinar) di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini terletak di kawasan bukit sebagai tempat untuk berdoa bagi umat kristiani.

Untuk itu, saat Natal, tempat yang merupakan landmark dari Kecamatan Muara dengan patung dua telapak tangan yang saling mengatup ini ramai dikunjungi masyarakat Tapanuli dan sekitarnya untuk memanjatkan doa sekaligus berwisata bersama keluarga.

Di lokasi Bukit Doa, ada 26 ruangan dan bilik-bilik untuk berdoa. Tempat ini juga dilengkapi dengan tempat kebaktian dan retreat wisata rohani. Meskipun sederhana, tempat ini nyaman dan banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sini.

Tak hanya keindahan Danau Toba secara luas yang bisa dinikmati dari Huta Ginjang. Di sepanjang jalan menuju lokasi Huta Ginjang, di pinggir jalan banyak pepohonan pinus yang membuat daerah ini tetap asri dan menyenangkan.

Sejauh mata memandang hamparan hutan pinus yang kokoh dan liar tumbuh, menjadi pemandangan yang menyegarkan mata dan menenangkan hati penikmatnya.

Baca artikel seru lainnya tentang Sumatera Utara berikut ini:

Cara Terbaik Menikmati Danau Toba

Tao Silalahi, Tepian Danau Toba yang Luar Biasa

Kampung Silalahi, Pesona Danau Toba Sarat Sejarah

Selain Sumatera Utara, Indonesia punya ragam destinasi yang tak kalah menarik lainnya. Telusuri informasinya lewat Pesona Indonesia.