Menikmati Matahari Terbit dengan Latar Candi Borobudur Berkabut, Indahnya...

Mengamati matahari terbit di Punthuk Setumbu dengan latar candi Borobudur tertutup kabut.
https://pesona.travel
Penulis: | Editor: Sri Noviyanti

KOMPAS.com - Saat berada di Magelang, Punthuk Setumbu bisa jadi salah satu titik tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang menawan di Jawa Tengah.

Lokasinya berada di ketinggian sekitar 400 mdpl di sebelah barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pada dasarnya, Punthuk Setumbu adalah bukit.

Bukit Setumbu merupakan ladang milik warga sekitar dan masuk ke dalam gugusan Pegunungan Menoreh.

Menjadi populer karena pada suatu hari, ada seorang fotografer yang datang dan mengabadikan gambar terbitnya matahari di atas megahnya Candi Borobudur. Sejak saat itulah, kemudian berdatangan para pengunjung ke Punthuk Setumbu untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Keindahan Borobudur

Panorama matahari terbit yang disajikan Punthuk Setumbu memang menawan dan berbeda. Dari puncak bukit, pemandangan matahari terbit dengan Candi Borobudur yang tersembunyi di antara dedaunan dan kabut pagi bisa langsung disaksikan di depan mata.

Untuk menjangkau lokasinya, perjalanan ke Punthuk Setumbu bisa dilakukan dari Kota Magelang maupun Yogyakarta, searah menuju Candi Borobudur sekitar satu jam.

Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur, perjalanan dilanjutkan menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh.

Tak jauh dari jalan tersebut, ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Sobat Pesona tinggal mengikuti papan petunjuk ini hingga sampai di lokasi parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Dari lokasi parkir kendaraan, Sobat Pesona harus trekking selama kurang lebih 15 menit dengan jalan yang terbuat dari pecahan batu. Sampai di puncak bukit, Sobat Pesona bisa menunggu matahari terbit di depan pagar pembatas sebagai pengaman.

Jika Sobat Pesona tidak kuat melakukan trekking sampai puncak, tidak perlu khawatir. Tak jauh dari lokasi parkir terdapat sebuah gazebo, yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan.

Untuk bisa melihat keindahan itu, Sobat Pesona wajib tiba di puncak bukit sebelum pukul 05.00 atau sebelum matahari terbit. Bukit ini terbuka untuk umum mulai pukul 04.00 hingga pukul 17.00.

Selain itu, jika Sobat Pesona hendak menginap atau berkemah di Punthuk Setumbu, bisa meminta izin kepada pengelola bukit terlebih dahulu.

Baca artikel lainnya:

Ini Kuliner Magelang yang Bakal Bikin Ketagihan

Magelang, Tak Sekadar Borobudur dan Tape Ketan

Mengenal Candi Mendut, Lebih Tua dari Candi Borobudur

Indonesia tak pernah habis untuk dapat dinikmati. Telusuri perjalanan lainnya lewat Pesona Indonesia.