Kepingan Surga di Padang Savannah Kenawa

Pulau Kenawa.
https://pesona.travel
Penulis: Sri Noviyanti | Editor: Sri Noviyanti

KOMPAS.com - Mendengar kata Pulau Kenawa, mungkin Sobat Pesona baru pertama kali mendengar nama pulau itu.

Kalau pun ada biasanya sering terkecoh dengan pulau Kanawa yang terdapat di Kepulauan Komodo.

Pulau Kenawa yang satu ini adalah pulau kecil yang terdapat di sisi utara kabupaten Sumbawa Barat. Letaknya tidak jauh dari kabupaten Sumbawa dimana perhelatan Festival Pesona Moyo 2019 digelar.

Jadi jika Sobat Pesona sedang berkunjung ke kabupaten Sumbawa, sempatkan untuk mengunjungi pulau yang sungguh menawan ini.

Pulau Kenawa, pulau yang memiliki luas 13,8 hektare didominasi oleh hamparan padang savannah.

Pulau Kenawa juga memiliki pantai pasir putih dengan panjang pantai 1,73 kilometer dan dikelilingi oleh kondisi air laut yang sangat bening.

Di tengah pulau Kenawa terdapat satu bukit kecil yang merupakan lokasi yang sangat pas untuk menikmati matahari terbit dan matahari terbenam. Oh, bagai kepingan surga indahnya.

Sempurna pemandangannya

Pulau Kenawa didapuk sebagai pulau kecil terindah yang terdapat di Indonesia oleh beberapa travel blogger atau vlogger dalam media sosial. 

Hal itu bukan tanpa alasan. Apalagi jika Sobat Pesona tidak hanya berkunjung sesaat, tetapi melepaskan satu malam di sini. Sebagai catatan, di pulau ini memang tidak terdapat penginapan, tetapi kita bisa berkemah.

Terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi yang dibangun untuk menunjang pariwisata di pulau ini.

Pesona wisata alam yang dipertontonkan di pulau ini akan membuat kita takjub dan sangat puas. Pada pagi hari, pemandangan matahari terbit yang cantik, lalu suasana pada sore hari ketika matahari mulai tenggelam memanjakan mata dan jiwa.

Belum selesai di sana, ketika malam mulai tiba, taburan bintang-bintang di langit akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Y

a, karena pulau ini masih jauh dari polusi cahaya dan udara, memungkinkan kita menikmati gemerlap bintang yang menghiasi malam.

Lalu dengan kondisi air laut yang jernih, hanya berjarak 3-5 meter dari bibir pantai, kita bisa menikmati pemandangan dalam laut dengan hanya melakukan snorkling.

Kita bisa menemukan ikan-ikan dan terumbu karang seperti clown fish dan rumah nemonnya serta bintang laut yang terdapat di tepi perairan sekitar pulau Kenawa.

Jika lebih beruntung lagi, pada pagi hari atau sore hari kita bisa melihat segerombolan lumba-lumba yang lewat, memberikan pengalaman yang luar biasa.

Jadi tidak salah bukan jika pulau ini disebut-sebut yang terbaik di Indonesia.

Untuk mencapai pulau tersebut, kita harus berkendara kurang lebih 2,5 jam dari kota Sumbawa Besar menuju pelabuhan Poto Tano yang terdapat di kabupaten Sumbawa Barat, lalu dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan yang bisa disewa pelabuhan Poto Tano.

Biaya sewa perahu antara Rp 300.000 - Rp 400.000 dengan muatan 10-15 orang. Jadi tunggu apalagi, selamat berlibur dan bertualang!

Baca artikel lainnya:

Savana Tianyar, Padang Rumput Berlatar Gunung Agung

Catat Nih, 3 Destinasi Eksotik di Taman Nasional Baluran

Misteri Alas Purwo, Taman Nasional di Jawa Timur

Nikmati pesona lainnya dari destinasi beragam di Tanah Air. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.