Catat, Daftar Hotel Bersertifikasi CHSE di 5 Destinasi Super Prioritas

Suasana Amanjiwo Hotel yang memiliki desain klasik menyerupai candi.
www.aman.com
Penulis: Imalay Naomi Lasono | Editor: Sri Noviyanti

KOMPAS.com – Program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) membawa angin segar bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, tidak terkecuali para pelaku usaha hotel.

Pasalnya, penerapan program sertifikasi CHSE pada hotel berpotensi meningkatkan okupansi selama pandemi Covid-19.

Adapun beberapa aturan khusus yang harus diberlakukan untuk mendapatkan sertifikasi CHSE di antaranya adalah menyediakan pengelolaan arus lalu lintas dan kerumunan di area parkir.

Tidak hanya itu, hotel juga perlu menyediakan sarana cuci tangan atau hand sanitizer di sejumlah titik, membersihkan area hotel, dan barang bawaan tamu dengan cairan disinfektan.

Selain itu, untuk mendapatkan sertifikat CHSE, karyawan hotel juga harus mematuhi sejumlah aturan baru ketika melayani tamu.

Aturan tersebut antara lain menyarankan tamu melakukan pembayaran nontunai, menginformasikan jika hotel telah memenuhi protokol kesehatan, dan selalu menggunakan alat pelindung diri.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 2.689 hotel telah tersertifikasi CHSE. Hotel tersebut tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, tidak terkecuali di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP).

Berikut beberapa hotel bersertifikasi CHSE di 5 Destinasi Super Prioritas.

Danau Toba

Pada area wisata Danau Toba, Sumatera Utara, terdapat 12 hotel yang telah tersertifikasi CHSE. Beberapa hotel tersebut antara lain Toba Beach Hotel, Tiara Bunga, Zoes Paradise Waterfront Hotel, Toledo Inn, dan Labersa Toba Hotel and Convention Centre.

Adapun Toba Beach Hotel yang berada di Kabupaten Samosir merupakan salah satu hotel yang bersertifikat CHSE dengan penilaian memuaskan sejak 8 November 2020. Hotel bintang tiga tersebut memiliki letak yang strategis dan menyuguhkan pemandangan Danau Toba yang sangat jelas.

Baca juga: Dampak Positif Kawasan Ekonomi Khusus

Sedangkan, hotel Tiara Bunga yang berada di Kabupaten Toba Samosir menjadi sebuah hotel yang mendapatkan penilaian 8,5 dari 10 di aplikasi Traveloka. Hotel ini juga menawarkan infinity pool yang luas dengan pemandangan yang menghadap ke Danau Toba.

Candi Borobudur

Destinasi Super Prioritas selanjutnya adalah Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Pada sekitar kawasan wisata Candi Borobudur terdapat 5 hotel yang telah tersertifikasi CHSE.

Beberapa hotel tersebut di antaranya Amanjiwo Hotel, Plataran Heritage Borobudur, Grand Artos Hotel and Convention, MesaStila Resort and Spa, dan Plataran Borobudur Resort and Spa.

Sebagai informasi, Amanjiwo Hotel menjadi salah satu pilihan hotel yang menarik untuk dikunjungi jika berkunjung ke Borobudur. Pasalnya, hotel yang telah mendapatkan sertifikasi memuaskan CHSE sejak 21 November 2020 ini memiliki gaya klasik dan desain menyerupai candi-candi yang ada di Borobudur.

Tak hanya itu, beberapa kamar di Amanjiwo Hotel juga memiliki pemandangan langsung ke Candi Borobudur. Bahkan, jika cuaca bersahabat, pengunjung dapat melihat Gunung Merbabu dari Amanjiwo Hotel.

Jika menyukai pemandangan yang segar, Anda bisa memilih Plataran Heritage Borobudur sebagai penginapan ketika berkunjung ke kawasan wisata Borobudur.

Hotel tersebut menyuguhkan pemandangan sawah dan Bukit Menoreh yang hijau nan asri. Selain itu, Plataran Heritage Borobudur juga memiliki 75 kamar bergaya kolonial.

AYANA Komodo Resort merupakan sebuah hotel yang terletak di Pantai Waecicu, Labuan Bajo.

Labuan Bajo

Ada 4 hotel yang telah mendapatkan sertifikasi CHSE pada destinasi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beberapa hotel tersebut antara lain AYANA Komodo Resort, Inaya Bay Komodo, PT Hotel Jayakarta Flores, dan Plataran Komodo Resort and Spa.

Baca juga: Millionaire race Bali 2021, Optimisme Baru Bagi Sektor Parekraf

Sebagai salah satu hotel yang berada di area DSP, AYANA Komodo Resort terletak di Pantai Waecicu.

Sedangkan, salah satu hotel yang menjadi pilihan untuk refreshing, bulan madu, dan social distancing adalah Plataran Komodo Resort and Spa. Hotel ini memiliki 18 private villa yang dilengkapi kolam renang pribadi.

Selain itu, Plataran Komodo Resort and Spa juga menawarkan pemandangan sunset yang indah bagi para pengunjung.

Mandalika

Selanjutnya adalah kawasan wisata Mandalika. Pada kawasan ini, terdapat 5 hotel yang telah tersertifikasi CHSE dan mayoritas berada di kawasan Lombok Tengah.

Hotel tersebut di antaranya Illira Lite Hotel Praya, D Mac Hotel, Melati Resort and Hotel, Hotel and Resto Baturiti, dan Novotel.

Sebagai hotel yang hanya berjarak 9 menit dari Pantai Mandalika dan Mandalika International Circuit, Melati Resort and Hotel bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika.

Tidak hanya Pantai Mandalika, Melati Resort and Hotel juga terletak sangat dekat dari Pantai Tanjung Aan.

Selain itu, hotel yang memiliki lokasi strategis selanjutnya adalah Novotel. Hotel bintang empat ini berada dekat dengan sejumlah destinasi wisata di Mandalika, seperti Pantai Seger Lombok, Pantai Tanjung Aan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan sirkuit Mandalika.

Likupang

Memiliki potensi alam pantai dan bawah laut yang memesona, kawasan wisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, juga memiliki 4 hotel bersertifikasi CHSE.

Hotel tersebut di antaranya Paradise Hotel, Coral Eye Bangka, Hotel Melati, dan Sutan Raja Hotel Manado.

Baca juga: Ekonomi Kreatif Jadi Garda Terdepan Pemulihan Ekonomi Nasional

Adapun Paradise Hotel merupakan salah satu hotel yang terletak di Kawasan Pariwisata Desa Maen. Hotel ini mendapatkan penilaian memuaskan sehinga wisatawan dapat merasa aman saat berada di sana.

Tidak hanya itu, Paradise Hotel juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, gymnasium, restoran, dan lapangan golf.

Hotel selanjutnya yang kerap menjadi pilihan wisatawan adalah Coral Eye Bangka. Hotel yang telah mendapatkan sertifikat CHSE sejak 27 Desember 2020 dengan predikat memuaskan itu mengusung gaya tropis.

Selain memiliki suasana pantai, Coral Eye Bangka juga memiliki letak yang dekat dengan bibir pantai sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan santai.

Nah, jangan lupa simpan daftarnya agar sewaktu-waktu dapat menjadi referensi saat Anda berwisata ke sana.