Enggak Kalah dari Luar Negeri, Ini 8 Superfood Asli Indonesia

Tempe merupakan salah satu superfood Indonesia.
Penulis: Hotria Mariana | Editor: Sri Noviyanti

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak bahan makanan yang masuk ke dalam kategori superfood dan terbilang mudah didapat dengan harga murah.

Peningkatan kesadaraan masyarakat akan kesehatan mendorong terciptanya gaya hidup serupa. Hal ini bisa terlihat dari pola makan mereka yang cenderung memilih superfood.

Bicara superfood, Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali bahan makanan yang termasuk ke dalam kategori tersebut. Namun, sepertinya masyarakat belum mengetahui fakta menarik ini.

Praktisi kuliner Ade Putri mengatakan, superfood merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Karena itu, banyak pihak gencar mempromosikan kelompok pangan ini.

Indonesia sendiri, lanjut Ade, memiliki banyak bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan, beberapa superfood Indonesia juga sebenarnya mudah sekali ditemui dan sudah sering dikonsumsi. Itu berarti, masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan tersebut untuk mendukung pola hidup sehat.

“Saat ini manusia sangat membutuhkan antioksidan dan berbagai multivitamin untuk menjaga kesehatan. Manfaat ini bisa ditemukan pada superfood. Sebenarnya banyak sekali superfood asli Indonesia. Contohnya, sorgum, kunyit, pegagan, kelor, manggis, tempe, dan mengkudu,” paparnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Terkait peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan, Ade pun meyakini hal tersebut akan turut menggaungkan superfood asli Indonesia. Apalagi, berbagai media asing juga ramai memberitakan healthy lifestyle dan konsumsi superfood.

“Sekarang juga bisa dilihat banyak produk superfood dijual di pasar swalayan atau toko kesehatan di Indonesia. Selain itu, muncul pula bumbu-bumbu atau bahan makanan sehat seiring dengan tingginya gaya hidup sehat yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: 8 Superfood Khas Indonesia Kaya Manfaat

Nah, berikut ini beberapa superfood khas Indonesia yang kaya manfaat.

1. Tempe

Tempe merupakan superfood khas Indonesia yang sedang naik daun. Bahan makanan ini dilirik banyak pegiat plant based karena kandungan nutrisi dan cara pengolahannya yang mudah. Bahkan, mereka menjadikan tempe sebagai menu vegetarian untuk menggantikan protein hewani.

Tempe sendiri merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus (ragi tempe). Proses tersebut menambah kaya rasa tempe dan membuatnya mudah dicerna.

Untuk nutrisi, tempe mengandung isoflavon yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan melawan radikal bebas. Superfood ini juga kaya kalsium dengan kadar yang tak kalah dari susu.
Itu berarti, tempe bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Sukun

Bagi milenial, sukun mungkin agak kurang familier. Padahal, buah ini termasuk salah satu superfood lokal yang punya nutrisi lengkap di antaranya karbohidrat dan serat.

Selain itu, sukun merupakan sumber protein nabati yang dilengkapi antioksidan. Berbagai vitamin, kalsium, dan zat besi juga terdapat dalam buah tersebut.

Sukun kerap dihidangkan pada olahan sayur, tapi ada juga yang mengolahnya sebagai camilan atau pengganti nasi.

3. Ketan hitam

Indonesia juga memiliki biji-bijian yang termasuk dalam kategori superfood, yakni ketan hitam atau beras hitam. Menurut Whole Grains Council, ketan hitam memiliki kandungan antosianin enam kali lebih tinggi ketimbang beras coklat atau putih.

Manfaat ketan hitam sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dan memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, bahan makanan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kulit wajah secara alami.

Baca juga: Apresiasi Kreasi Indonesia 2021: Menggali Potensi Para Pelaku Ekonomi Kreatif

4. Daun kelor

Superfood lokal ini terbilang sangat melegenda di kalangan ibu menyusui. Pasalnya, daun kelor dipercaya dapat memperlancar air susu ibu (ASI).

Namun, selain itu, daun kelor juga memiliki banyak nutrien yang baik untuk kesehatan. Sebut saja, fitonutrien, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu proses detoksifikasi, serta mencegah inflamasi.

Buah manggis juga termasuk ke dalam superfood khas Indonesia.

5. Manggis

Buah yang sempat viral beberapa tahun lalu ini dipercaya memiliki khasiat untuk kecantikan. Salah satunya, dapat memperlambat penuaan dini pada kulit wajah.

Namun, di luar itu, manggis rupanya menyimpan banyak nutrien. Salah satunya, xanthone yang dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, menangkal penyakit degeneratif, serta bermanfaat bagi kesehatan mental.

6. Bawang putih

Siapa sangka kalau bumbu dapur ini ternyata merupakan superfood? Pasalnya, bawang putih begitu kaya akan vitamin C dan B6, serta serat.

Soal khasiat, umbi yang memiliki nama latin Allium sativum itu dapat membantu menjaga kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan itu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih juga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker.

Baca juga: Konsep Baru Solo International Performing Arts 2021

7. Salak

Di balik tampilannya kasar, salak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, dapat merangsang produksi sitokin melalui makrofag, yakni salah satu sel penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, salak juga mengandung kalsium, flavonoid, vitamin C, saponin, dan tanin yang dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

8. Ikan gabus

Kalau di luar negeri ada ikan salmon, di Indonesia ada ikan gabus sebagai superfood yang layak dikonsumsi.

Beberapa penelitian menemukan, ikan tersebut memiliki senyawa yang berfungsi sebagai antinyeri, antipiretik, antidepresan, anti-inflamasi, antijamur, antimikroba, dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka.

Nah, itulah delapan superfood asli Indonesia yang mesti banget dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, selain bisa didapat dengan harga terjangkau, khasiat yang diberikan pun sangat “mahal”.